Berita Terbaru


Merajut tali persaudaraan guna mewujudkan Solidaritas TNI dan Polri di Pariaman

Dandim 0308/Pariaman Letkol Arm Nursamsudin dan Kapolresta Pariaman AKBP Bondan Witjaksono SH SIK, telah menyelenggarakan berbagai kegiatan bersama guna mempererat tali persaudaraan antara TNI dan Polri di Wilayah Pariaman, mulai dari unsur pimpinan hingga seluruh anggota. Kegiatan yang dilaksanakan salah satunya adalah Menembak Senjata Ringan dalam hal ini menembak Senapan dan Pistol.



Latihan Menembak Senjata Ringan yang dilaksanakan, bertepatan dengan pelaksanaan Program kerja Satuan dalam hal ini bidang Latihan dan dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke 66. Dalam pelaksanaan kegiatan Latihan Menembak Senjata Ringan antara Kodim 0308/Pariaman dengan Polresta Pariaman, dikemas dengan membentuk Panitia / Petugas lapangan secara Kolaborasi, mulai dari pengawas lajur, petugas lesan, pencatat nilai hingga Pimpinan penembakan.
 
 Melalui kegiatan latihan Menembak bersama antara Kodim 0308/Pariaman dengan Polresta Pariaman ini diharapkan selain meningkatkan Profesionalisme Prajurit TNI dan Polri, juga mewujudkan Solidaritas antara TNI dan Polri sehngga dapat mendukung kelancaran tugas pokok di lapangan.

 
Kapolresta Pariaman AKBP Bondan Witjaksono SH SIK, disela kegiatan latihan Menembak Senjata Ringan bersama yang diakhiri dengan acara makan siang di lapangan dengan menggunakan Ompreng menyampaikan apresiasinya kepada seluruh warga Kodim 0308/Pariaman hingga acara ini selesai dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Selain rasa senang dan bangga tersirat juga suatu harapan agar kegiatan ini dapat dilestarikan dimasa mendatang. (Her)

p1

Kunjungan Danrem 032/Wbr ke Kodim 0308/Pariaman disambut dengan Tari Gelombang

    Kunjungan kerja Danrem 032/Wbr Kolonel Inf Drs. Amrin didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 032 PD I BB Ny. Dewi Amrin beserta rombongan ke Kodim 0308/Pariaman pada hari Kamis tanggal 27 Juni 2012 disambut hangat oleh Dandim 0308/Pariaman dan Muspida Kota dan Kab Pd Pariaman serta warga Kodim 0308/Pariaman. Sebagaimana tradisi di masyarakat Pariaman, Danrem dan rombongan disambut pula dengan Tari Gelombang. 


Dalam kunjungan tersebut, diawali dengan acara ramah tamah Danrem 032/Wbr dengan para Muspida Kota dan Kab. Pd Pariaman dan dilanjutkan dengan acara tatap muka dengan segenap prajurit yang bertugas di jajaran Makodim dan Persit KCK Cabang Kodim 0308/Pariaman .
 
Pada kesempatan itu juga Danrem memberikan arahan antara lain :

1.  Agar Prajurit Kodim 0308/Pariaman mentaati, menekuni ajaran agamanya masing dengan sungguh - sungguh.
2.  Hidup rukun dan bertanggung jawab dalam berkeluarga, 
3.  Prfesional, ikhlas dan bersungguh2 dalam melaksanakan tugas.
                                                                                                            
         Acara tatap muka berlangsung hingga pukul 11.00  WIB dengan penuh rasa kekeluargaan dan Pajurit serta keluarga menyimak dengan antusias semua arahan yang disampaikan Danrem 032/Wbr. (Her)                                                                                                   

                                                                                           

p1

Mewujudkan kebahagiaan dalam rumah tangga Prajurit

Pada hari Jum’at tanggal 15 Juni 2012, Personel Kodim 0308/Pariaman beserta anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXII Kodim 0308 Koorcab Rem 032 menerima siraman rohani yang disampaikan oleh Tim Bintaldam I/BB.   Tim ini terdiri dari Wakabintaldam I/BB Letkol Caj Drs. Irwan Nuh Batubara, M.Si dan Kasibinarohis Bintaldam I/BB Mayor Inf H. Jalaluddin Dalimunthe.

Dalam ceramah yang disampaikan oleh Tim Bintaldam I/BB tersebut, intinya agar Personel Kodim dan anggota Persitnya harus saling mengerti dan mengetahui peran masing-masing, karena permasalahan yang ada di rumah tangga akan mempengaruhi Prajurit dan PNS dalam bertugas sehari-harinya. (Her)

p1

Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW 1433 H

      
     Pada hari Kamis tanggal 21 Juni 2012 Prajurit Kodim 0308/Pariaman beserta Persitnya melaksanakan peringatan Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW tahun 1433 Hijriyah bertempat di Mesjid Al Ikhlas Kodim 0308/Prm. Sebagai penceramahnya dalam kegiatan tersebut yaitu Ustad Hardi dari Manggung Pariaman.(Her) 

p1

Kurangi angka kecelakaan di jalan raya

Dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas, Pada tanggal 15 Maret 2012 Staf Intelijen Kodim 0308/Pariaman melaksanakan Sidak terhadap Kelengkapan dan perlengkapan kendaraan seluruh Prajurit maupun PNS yang ada di lingkungan Kodim 0308/Pariaman. Dalam Sidak tersebut didapatkan beberapa personel yang tidak melengkapi perlekapan kendaraan maupun kelengkapan surat-suratnya. Tindak lanjut kegiatan tersebut Kodim0308/Pariaman bekerjasama dengan Polres Kota pariaman meilaksanakan pengadaan SIM Kolektif bagi Prajurit dan keluarganya. (Her)

p1

KUAT DAN SEHAT DENGAN SEPEDA

Setiap orang secara individu, kelompok maupun dalam kontek negara (Pemerintah) pasti memiliki program yang berhubungan dengan kata “Sehat” seperti program Indonesia sehat, Propinsi sehat, Kota/Kabupaten sehat.            Sebagaimana halnya program pencanangan “Memasyarakatkan olah raga dan mengolahragakan masyarakat” yang sempat didengungkan sebelum era reformasi  dulu.        Begitu juga halnya era pemerintahan saat ini dimana kita mengenal dengan istilah “Prima (Program Indonesia Emas), disemua cabang olah raga termasuk didalamnya cabang balap sepeda, yang kesemuanya itu tujuannya adalah Sehat.

            Sumbar untuk kesekian kalinya boleh dikatakan sukses menyelenggarakan iven olah raga balap sepeda yang berskala Internasional yang kita kenal dengan sebutan “Tour De Singkarak“.        Banyak manfaat yang dapat kita petik dari penyelenggaraan balap sepeda ini sebagai ajang pertunjukan kemampuan individu, team maupun atas nama negara, diantaranya yaitu  :
1.         Menggairahkan kembali motivasi masyarakat untuk bersepeda sebagai kendaraan yang ramah lingkungan ditengah ekspansi kendaraan otomotif modern.
2.                  Disamping berolahraga sekaligus sarana rekreasi yang murah meriah.
3.                  Bentuk dukungan atau wujud implementasi terhadap program pemerintah tentang ramah lingkungan dan hemat energi.
4.                  Khusus bagi Prajurit ...
a.                   Apapun Corp dan medan tugasnya, Habitat aslinya adalah hutan dan gunung, dengan bersepeda merupakan sarana yang tepat untuk penguatan otot kaki guna menapaki tingginya tanjakan dan menuruni terjalnya jurang.
b.                  Jika kegiatan bersepeda dilakukan sebanyak 2 kali saja dalam 1 minggu dengan jarak tempuh 60 km (setara dengan 4 liter BBM) maka sudah dapat diperkirakan terjadi penghematan lebih dari 500.000,-liter, suatu angka yang sangat fantastis peran serta prajurit dalam melaksanakan program pemerintah terhadap  penghematan BBM dan ramah lingkungan.
c.       Ayooo, mari bersepeda !!!
5.         Semoga program terobosan ini dapat terwujud bersama segenap komponen bangsa lainnya demi mencapai tujuan manusia sehat, lingkungan sehat dan negara kuat.

                                                                                                                        Amr

p1

Kodim Bantu Pelepasan Penyu Bersama Atlet Tour de Singkarak

Pariaman, Padek—Atraksi b­u­d­aya Kota Pariaman dipa­s­ti­­kan akan menyambut keha­diran 250 atlet sepeda di iven Tour De Singkarak, Juni ini. Ta­buik setinggi 10 me­ter yang di­iringi hentakan gen­dang tasa diyakini me­nambah se­marak­nya iven bergengsi itu.

Untuk ketiga kalinya Kota Pa­riaman mendapat kehor­ma­t­an menjadi tempat start 250 atlet yang akan berlaga dalam iven Tour de Singkarak, Juni men­datang. Kota Tabuik me­ru­pakan tempat start etape 6 yang diikuti atlet dari 20 ne­gara tersebut. Kota Pariaman me­rupakan tempat start etape 6 yang akan berlangsung 9 Ju­ni mendatang.

“Untuk menyambut para atlet tersebut, kami sudah per­siapkan sejumlah atraksi bu­daya, sesaat sebelum me­reka me­lakukan start etape VI,”ujar Ke­pala Dinas Pariwisata dan Bu­daya (Disparbud) Kota Pa­riaman Efendi Jamal saat jum­pa pers di Press Room Humas Pemko Paria­man, kemarin.

Atraksi budaya yang akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB di Pantai Gandoriah Pa­ria­man tersebut diawali de­ngan penampilan tarian ta­buik lengkap dengan tabuik se­tinggi 10 meter dan dua ta­buik mini. Pe­n­ampilan kese­nian dan bu­daya ini akan diiringi hen­takan gendang tasa yang dimainkan oleh puluhan murid-murid SD ber­prestasi se Kota Pariaman.

Atlit, oficial dan pengun­jung juga akan menyak­sikan ke­senian budaya lainnya tari piring diatas kaca serta atraksi beruk memanjat pohon kela­pa. Para atlit juga akan ikut ser­­ta melepas 500 penyu di Pan­­tai Gandoriah. Pemko Pa­ria­­­man akan memberikan se­r­­­ti­fikat kepada para atlet ka­­­re­na su­­dah turut men­du­kung pe­les­tarian pe­nyu di Ko­ta Paria­man.

Puluhan nelayan Kota Paria­man juga akan diikut sertakan de­ngan memasang bendera ne­gara masing-masng peserta di biduak mereka. Biduak yang memajang bendera tersebut akan berlayar di lautan pantai gandoriah.

Sementara untuk sekolah-se­­kolah yang berada pada jalur ba­­­lap sepeda ini akan me­nyam­­but para atlet dengan lam­­baian bendera. Sebanyak 250 aparat kepolisian turut me­ngamankan pelaksanaan TDS ini. Dibantu 40 orang ang­gota Kodim, 50 orang ang­gota Dinas Perhubungan Kota Pa­ria­man dan 40 orang ang­gota Satpol PP. Untuk bidang kese­hatan sebanyak 20 orang te­naga kesehatan disiagakan di sejumlah titik pengamanan, berikut mobil ambulance.

“Untuk itu kami memang sa­ngat mengharapkan peran ser­ta warga untuk me­nyuk­ses­kan iven ini. Karena tentu­nya akan membawa dam­pak po­si­tif terhadap perkem­bangan pa­ri­wi­sata di Kota Paria­man, ”ujar fendi. (nia)

Sumber :
http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=29333
http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=29815

p1

Warga Kodim 0308/Pariaman bersepeda santai


Sejak bulan April 2012 anggota Kodim 0308/Pariaman mempunyai aktifitas baru yaitu Bersepeda Santai. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Dandim untuk menjaga Stamina Personel Kodim sambil berekreasi di Kota Pariaman yang indah serta mendukung Program pemerintah dalam penghematan BBM.



Kegiatan bersepeda santai ini dilakukan pada hari Selasa dan Jumat setiap Minggunya. Disamping jadwal tersebut banyak juga beraktifitas sehari-hari ke kantor dengan bersepeda.(Her)

p1

Persit KCK Cabang LXII Kodim 0308 Koorcab Rem 032 memperingati HUT ke 66.

Tepat pada hari Kamis tanggal 19 April 2012 Persit KCK Cabang LXII Kodim 0308 Koorcab Rem 032 memperingati Hari Ulang Tahunnya yang ke 66. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Kodim 0308/Pariaman yang dihadiri oleh seluruh anggota Persit  KCK Cabang LXII Kodim 0308 yang dilaksanakan dengan hikmad dan sederhana. Acara tersebut dihadiri Dandim 0308/Pariaman Letkol Arm Nursamsudin selaku Pembina Cabang dan Para Danamil yang ada di jajaran Kodim 0308/Pariaman.

    Dalam acara tersebut juga dilaksanakan pemberian hadiah bagi para pemenang perlomabaan yang sebelumnya telah dilaksanakan, diantaranya Bola Volly dan Berbusana. Disamping kegiatan perlombaan, tak lupa juga dilaksanakan kegiatan Sosial berupa Pemberian santunan kepada Anak Yatim, Warakawuri dan Anjangsana ke Panti Asuhan serta Ziarah ke taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Rawang Pariaman.(Her)  

p1

Tour de Singkarak Etape 6 di Pantai Gandoriah

Pariaman, Humas---Start etape VI Tour de Singkarak (TdS) 2012 di Kota Pariaman meriah. Start dilaksanakan di Pantai Gandoriah Pariaman, Sabtu (9/6), dilepas oleh Sekretaris Daerah Kota Pariaman Ir. Armen, MM didampingi Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim.

Usai pelepasan pebalap Armen mengatakan, bahawa ia berharap para pembalap itu bisa mempromosikan potensi prawisata yang dimiliki Kota pariaman di negaranya masing-masing.

Sebelum start dilaksanakan, pebalab dan oficial disuguhkan dengan berbagai kegiatan yang telah disiapkan oleh panitia, diantaranya; Pertunjukan Band, kesenian budaya khas daerah “Hoyak Tabuik” setinggi 10 meter dengan tarian yang diiringi Gendang Tasa, tari piring diatas pecahan kaca dan serta pelepasan ratusan penyu dipantai yang dilakukan oleh pebalap.

Sementara itu, ribuan masyarakat Kota Pariaman nampak tumpah ruah memadati pantai gandoriah untuk menyaksikan rangkaian kegiatan itu dan juga memberikan semangat kepada ratusan pebalap TdS ini. Bahkan ada yang datang minta berfoto dengan para pembalap TdS itu.

Disisi jalan rute yang dilewati pebalap TdS dipenuhi oleh masyarakat. Para siswa SD, SMP dan SMA yang sekolahnya dilewati juga bejejer disisi jalan menyasikan iven internasional itu dengan mengibarkan bendera miniatur negara pebalap TdS. Mereka memberikan suport “Ayo….ayo….ayo…” teriaknya.

Rute etape VI ini, didalam Kota Pariaman dimulai dari Pantai Gandoriah - Pantai Cermin - Pantai Kata – Karan Aur - Simpang Lohong – Kampung Baru - Simpang Gelombang – Cimparuah - Simpang Lapai - Jalan Bypas - Simpang Apar – Ampalu - Simpang Kampung Cina - Jalan Sudirman - Jalan Imam Bonjol - Kuraitaji dan selanjutnya menuju Pauh Kambar untuk terus ke Padang dan Finish di Painan dengan panjang lintasan lebih kurang 143 km. Start dimulai pukul 11.00 wib diperkirakan sampai di painan pukul 02.00 WIB.

p1

Prajurit TNI Harus Kuasai IT ( Informasi Teknologi )

Prajurit TNI mestinya mengusai Informasi Teknologi (IT) jika tidak nasib tidak akan berubah, malahan kehancuran yang akan di dapati di kemudian hari. Oleh karena itu prajurit TNI dituntut untuk bisa menguasainya. Karena dalam era globalisasi setiap Informasi dan Teknologi selalu cepat berubah-ubah dan berganti dengan yang lebih maju lagi. Seperti contoh sebelum era internet berkembang pesat seperti pada saat ini, satu-satunya cara untuk melihat peta dunia adalah dengan menggunakan bola globe atau peta dalam bentuk buku cetak yang banyak di jual di toko buku. Sekarang setelah era internet berkembang dengan sangat maju, kita bisa melihat, mempelajari dan bermain dengan peta atau informasi yang berbasis geografis. Salah satu melakukan aktivtas ini adalah dengan memanfaatkan layanan internet di Google Earth yang bisa di pakai secara cepat. Pada layanan internet ini kita bisa menkombinasikan gambar-gambar dari satelit, pemetaan, foto dari udara sehingga kita bisa melihat belahan dunia lain secara simultan, hanya melalui komputer.

Informasi teknologi memang sangat perlu dirasakan bagi kita sebagai anggota Koter seperti Kodim terutama bagi yang menjabat sebagai Babinsa, karena selaku Babinsa harus bisa mencari informasi data data yang akurat untuk dilaporkan ke komando atas.Apalagi mereka yang berada di daerah rawan bencana seperti bencana Gunung meletus, bencana banjir, bencana Gempa, Tsunami dan lainnya mereka para Babinsa harus cepat mendapatkan informasi-informasi tentang bencana yang terjadi di daerah binaannya, bagaimana caranya bisa mendapatkan informasi tentang akibat dan dampak bencana tersebut, bagaimana cara menanggulanginya serta bagaimana cara mengatasinya. Seandainya mereka para Babinsa tersebut bisa dan mengerti dengan Informasi Teknologi tentu mereka tidak akan bersusah payah mencari informasi dilapangan mereka cukup mengetahuinya dari Internet karena dengan menggunakan Informasi Teknologi Internet mereka dengan mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Informasi-informasi yang terdapat di dalam Internet sangat mudah untuk mengaksesnya, selain itu semua informasi yang terdapat di Internet sangat lengkap. Kita dapat melihat di sekitar lingkungan kita pada saat ini dimana sudah banyak terdapat warung-warung internet bahkan sudah menjamur sampai ke pedesaan dan kita juga dapat melihat anak-anak dari sekolah SD sampai ke Perguruan tinggi mereka sudah menggunakan layanan internet untuk mendapatkan informasi untuk membuat tugas pelajaran mereka.

Kita sebagai prajurit TNI juga harus bisa mengusai Informasi Teknologi terutama bagi aparat Komando Kewilayahan, karena kita sebagai aparat Komando Kewilayahan harus mampu untuk menyelengarakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan, menyelenggarakan pembinaan teritorial untuk menyiapkan wilayah pertahanan di darat dan menjaga keamanan wilayahnya dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam/Korem ini merupakan tugas pokok Komando Distrik Militer ( Kodim ).

Penulis :
Wendra
Kapten Arh Nrp 622270
http://kodim0312padang.mil.id

p1

Kodim dan Walikota Pariaman Tanam Mangrove di Pantai Muara Desa Manggung

Pariaman, Sitinjaunews-- Kawasan Pantai Muara Desa Manggung Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman ditanami Mangrove. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemko Pariaman bersama masyarakat guna menyelamatkan kawasan pesisir pantai dan ekosistem serta menjaga lingkungan. Penanaman perdana tanaman Mangrove (Bakau) sebanyak 8.000 batang ini dilakukan Walikota Pariaman diwakili Sekretaris Daerah Kota Pariaman Ir. Armen, MM, dalam kegiatan Bersih Pantai dan Laut, Senin (18/7/2011) di Pantai Muara Manggung (belakang SMK Negeri 3) Kota Pariaman.

Penanaman perdana dilakukan Ketua DPRD Kota Pariaman Ibnu Hajar, SH, Dandim 0308 Tatan Harianto, Kapolres Kota Pariaman yang diwakili Kabag Admin Dulhadi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir. Yandri Leza, dan Kepala SMK Negeri 3 Pariaman Adnal Yeka, A.Pi. Usai penanaman perdana ini, nantinya penanaman Mangrove akan ditindak lanjuti oleh masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) di seluruh kawasan Muara Manggung, yang dikoordinir DKP dan Pertanian Kota Pariaman. Secara kawasan, Jajaran Kodim 0308 juga dilakukan oleh Koramil Pariaman dibawah pimpinan Joko, Koramil Kampung Dalam dibawah komando Nurmatias dan Koramil Sungai Limau dibawah komando Syamki dengan personilnya sebanyak 60 orang.

Walikota Pariaman, diwakili Ir. Armen mengungkapkan, hutan Mangrove (Bakau) merupakan ekosistem utama dalam mendukung kestabilan lingkungan di wilayah pesisir. Selain memberikan keuntungan bagi manusia, tanaman Bakau ini juga memberikan manfaat terhadap kestabilan lingkungan. Karena secara biologis hutan Bakau memilik beberapai fungsi, di antaranya penghasil bahan pelapuk yang menjadi sumber makanan utama bagi hewan detritus, yang pada perkembangannya akan menjadi makanan pula bagi hewan-hewan besar.

“Selain itu Mangrove juga dapat berfungsi sebagai kawasan “pemijahan” atau asuhan bagi udang, kepiting, ikan dan sejenisnya, sebelum membesar dan kembali ke laut, sebagai perlindungan (sarang) dan berkembang biaknya jenis burung-burung, sebagai plasma nuftah dan sumber genetika bagi berbagai jenis hewan, serta merupakan habitat alami bagi berbagai jenis makhluk hidup, baik yang hidup di laut maupun hidup di darat,” terang Armen.

Dikatakannya, secara fisik hutan Bakau juga berguna untuk menjaga kestabilan garis pantai dari abrasi dan erosi serta mampu menahan tiupan angin laut yang kencang. Disamping itu, hutan Bakau ini juga bermanfaat bagi kawasan penyanggaa proses filterisasi air asin menjadi tawar. Dan yang tak kalah penting hutan bakau akan menjadi kawasan unik, yang memungkinkan dikembangkan menjadi kawasan wisata alami dan edukasi.

“Oleh karena itu kepada seluruh lapisan masyarakat, Ninik Mamak, kelompok Pokwasmas dan pelajar yang bertempat tinggal di lingkungan sepanjang pantai, agar dapat turut memberikan informasi kepada masyarakat luas akan pentingnya memelihara dan mengembangkan Mangrove ini. Karena dengan keterbatasan kemampuan daerah dalam dana dan tenaga, tentu sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak,” ucap Armen.

Sementara Itu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kota Pariaman, Ir. Yanri Leza disela-sela kegiatan menambahkan bahwa jumlah bibit juga akan ditambah oleh Dinas Pertanian Kota Pariaman sebanyak 3.000 bibit. Walaupun pihaknya (DKP) selama tahun 2011 telah menghasilkan sendiri bibit mangrove yang disemai di lokasi SMK 3 Pariaman, dimana pada saat ini sudah tersedia lebih kurang 10.000 bibit. Penyemaian bibit mangrove tersebut telah dapat berjalan dengan baik dan sekarang sudah tersedia sekitar 10.000 bibit mangrove siap tanam. Penyemaian bibit ini merupakan hasil kerjasama dengan pihak ketiga yaitu melalui Universitas Bung Hatta yang dipimpin oleh Ir. Suriadi, M.Si.

“Tanaman Mangrove ini dapat tumbuh besar dan buahnya pun bisa dikonsumsi dalam bentuk Jus. Menurut penelitian para ahli kesehatan, buah Mangrove ini bisa pula digunakan untuk mengobati penyakit letih, lelah, lesu dan lemah,” tukas Yandri. (002/hms)

Sumber :
http://www.sitinjaunews.com/kota-pariaman/25263-kawasan-pantai-muara-manggung-pariaman-ditanami-mangrove

p1

Kodim 0308 dan Tim SAR Pd Pariaman akan Dilatih NGO dari Perancis

padangmedia.com - PARIAMAN – Setelah tiga tahun berlalu pasca gempa 7,9 SR yang meluluhlantakkan sebagian daerah di Sumatear Barat pada 30 September 2009, ada sedikit kekhawatiran dari penggiat Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Karena, biasanya masyarakat menjadi lengah ketika tidak ada lagi getaran gempa dirasakan dan akan kembali panik jika gempa besar kembali terjadi.

Karena itu, Komunitas Siaga Tsunami (Kogami) berupaya untuk selalu membuat program-program berkesinambungan. Baik untuk pendampingan komunitas dan sekolah ataupun mendukung program-program pemerintah. Terutama mendorong lahirnya kebijakan atau mempercepat implementasi sebuah kebijakan.



Direktur Eksekutif Kogami, Patra Rina Dewi, MSc di kantornya yang baru di Jalan Belanti Raya No. 70 Padang, Rabu (4/4) mengatakan, dalam waktu dekat, Kogami bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman akan melaksanakan pelatihan untuk tim SAR dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi gempa bumi.

Tak tanggung-tanggung, pelatih didatangkan dari Perancis dengan memakai modul berstandar Insarag (International Search and Rescue Standard Advisory Group). Menurut Patra, kerjasama itu merupakan inisiatif dari Pompiers Urgence De L’Urgence Internationale (PUI), sebuah LSM dari Perancis.

PUI ikut memberikan bantuan pada saat gempa 2009 dengan menurunkan tim SAR melalui Posko Satlak di kantor Bupati. Namun, sama seperti penggiat kebencanaan lainnya, PUI berpikir untuk keselamatan masyarakat jangka panjang melalui edukasi. Maka, salah seorang anggota Tim – Philip Besson kembali menghubungi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dan menawarkan serangkaian pelatihan; untuk tim SAR, masyarakat dan siswa sekolah.

Pelatihan tim SAR lebih difokuskan untuk menghasilkan instruktur yang mampu melatih lebih banyak lagi tenaga lokal untuk menjadi tenaga penolong yang handal. Pelatihan yang akan dilakukan berupa penyelamatan korban dari reruntuhan bangunan, pertolongan medis, manajemen logistik, kepemimpinan, membangun kekuatan tim dan pengoperasian alat-alat SAR secara cepat, tepat dan efektif.

Dari pengalaman 30 September diketahui bahwa belum semua anggota yang tergabung dalam Tim SAR memahami cara penyelamatan korban. Apalagi, penyelamatan korban di antara reruntuhan sehingga dikhawatirkan jumlah korban jiwa bisa bertambah bila mendapatkan pertolongan yang tidak sesuai dengan standar.

Pelatihan untuk SAR ini akan diikuti oleh peserta utusan dari Dinas Kebakaran, Dinas Kesehatan, PMI, Dinas Sosial, RAPI, Kodim, Kelompok Siaga Bencana (KSB) masyarakat dan lembaga terkait lainnya, sebanyak 40 orang. Sementara, pelatihan untuk masyarakat, guru dan siswa sekolah lebih difokuskan pada cara menyelamatkan diri di saat gempa terjadi.

PUI membawa earthquake simulator (alat simulasi gempa) dan menyiapkan juga sirkuit untuk penjelasan dan tanya jawab seputar bencana gempa serta mempraktekkan cara penyelamatan diri. Khusus untuk pelatihan kesiapsiagaan, pelatih dari PUI akan bekerjasama dengan pelatih dari KOGAMI.

Menurut team Leader PUI, Alan Choplain, jumlah pelatih yang akan diturunkan berjumlah 5 orang. Kegiatannya sendiri akan berlangsung dari tanggal 8 hingga 15 April. Penginapan dan kebutuhan tim PUI selama kegiatan berlangsung akan difasilitasi oleh Pemkab Padang Pariaman. (rin/rel)

Sumber :
http://www.padangmedia.com/?mod=berita&id=73070

p1

Sejarah Komando Daerah Militer I Bukit Barisan

Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan (sering disingkat Kodam I, Kodam Bukit Barisan, Kodam I/Bukit Barisan atau Kodam I/BB), dulunya bernama Komando Daerah Militer II/Bukit Barisan, merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan yang meliputi provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Riau. Pangdam I/Bukit Barisan yang sekarang menjabat adalah Mayjen TNI Leonardus JP Siegers (mantan Kasdam V/Brawijaya), menggantikan Mayjen TNI Noer Moeis yang diangkat sebagai Irjen Dephan RI.





SEJARAH

Pada 30 September 1945, pemuda-pemudi yang mencintai Kemerdekaan Republik Indonesia yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945 membentuk organisasi-organisasi massa. Seperti di Aceh berdiri Ikatan Pemuda Indonesia (IPI), di Medan Barisan Pemuda Indonesia (BPI), di Sumatera Barat, Pemuda Republik Indonesia (PRI) dan di Riau Pemuda Indonesia (PI). Organisasi-organisasi massa yang banyak berdiri itulah di antaranya menjelma menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

PEMBENTUKAN TKR

Tanggal 10 Oktober 1945 di daerah Sumbagut secara resmi terbentuk TKR, tanggal 12 Oktober 1945 di Aceh TKR Divisi V, tanggal 10 Oktober 1945 di Sumatera Timur TKR Divisi IV, tanggal 10 November 1945 di Tapanuli Divisi VI dan tanggal 1 Januari 1946 di Sumatera Tengah (Sumbar-Riau) TKR Divisi III. Pada tanggal 13 Desember 1949 dibentuk Komando Tentara Teritorium Sumatera Utara (KO TT-SU), yang wilayahnya meliputi: Aceh, Sumatera Timur dan Tapanuli.

KO TT-I/SU

Berdasarkan Penetapan Kasad No: 83/Kasad/Pnt/1950 tanggal 20 Juni 1950 Komando Tentara Teritorium Sumatera Utara (KO TT-SU) diubah menjadi Komando Tentara Teritorium-I Sumatera Utara (KO TT-I/SU) dan wilayahnya meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Riau.

Tanggal 20 Juni 1950 inilah ditetapkan sebagai Hari Jadi Kodam I/Bukit Barisan yang dikuatkan dengan ST Kasad No:ST/636/V/1986 tanggal 20 Mei 1986. Berdasarkan Penetapan Panglima KO TT-I/SU Nomor : 247/V/ORG/1951, selanjutnya tanggal 21 Juni 1951 KO TT-I/SU berubah menjadi KO TT-I/Bukit Barisan (KO TT-I/BB), sedangkan wilayahnya sama dengan KO TT-I/SU.

KO TT-I/BB membawahi 4 Resimen Infanteri, yaitu :
  1. Resimen Infanteri 1 di Aceh,
  2. Resimen Infanteri 2 di Sumatera Timur,
  3. Resimen Infanteri 3 di Tapanuli dan
  4. Resimen Infanteri 4 di Sumatera Barat-Riau.

Tanggal 27 Desember 1956 Resimen Infanteri 1 Aceh dan 4 di Sumatera Barat-Riau dipisahkan dari KO TT-I/BB dan selanjutnya masing-masing berkembang menjadi Komando Daerah Militer (KODAM). Di Aceh dibentuk Kodam I/Iskandar Muda, di Sumatera Barat-Riau dibentuk Kodam III/17 Agustus dan KO TT-I/BB berubah menjadi Kodam II/Bukit Barisan.

PENGGABUNGAN KODAM

Berdasarkan Perintah Operasi Kasad No:011/1984 tanggal 22 september 1984 tentang Reorganisasi TNI-AD yang kemudian disempurnakan dengan Surat Telegram Kasad No:STR/430/1984 tanggal 21 Oktober 1984 dan STR/603/1984 tanggal 28 Desember 1984, jumlah Kodam yang ada dikurangi menjadi 10 Kodam. Kodam I/Iskandar Muda, Kodam II/Bukit Barisan dan Kodam III/17 Agustus dilikuidasi atau dikurangi.

Ketiga Kodam tersebut dijadikan satu dengan nama Kodam I/Bukit Barisan dan wilayahnya meliputi : Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Riau.

Atas dasar itu, Kodam I/BB saat itu telah membawahi 6 buah Korem, yaitu Korem 011/Lilawangsa di Lhokseumawe, Korem 012/Teuku Umar di Banda Aceh, Korem 022/Pantai Timur di Pematang Siantar, Korem 023/Kawal Samudra di Sibolga, Korem 031/Wira Bima di Pekanbaru, Korem 032/Wira Braja di Padang.

PEMBENTUKAN KEMBALI KODAM ISKANDAR MUDA

Dan mulai dari 5 Februari 2002 lalu, atas kebijakan pemerintah Kodam Iskandar Muda dinyatakan berdiri kembali dan membawahi 2 Korem yakni Korem 011/Lilawangsa dan Korem 012/Teuku Umar.

Korem di bawah Kodam I/Bukit Barisan

Sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat ( KASAD ) Nomor : Kep / 67 / XII / 2005 tanggal 30 Desember 2005 telah dibentuk Korem 033/Wira Satya Kodam I/BB, dengan demikian Korem yang berada di bawah Kodam I/BB menjadi 5 Korem yaitu :

  1. Korem 022/Pantai Timur berkedudukan di Pematang Siantar membawahi 5 Kodim, 85 Koramil dan 3 Yonif (Yonif 121/MK, Yonif 122/TS dan Yonif 126/KC).
  2. Korem 023/Kawal Samudra berkedudukan di Sibolga membawahi 6 Kodim , 75 Koramil dan 2 Yonif (Yonif 123/RW dan Yonif 125/SMB)
  3. Korem 031/Wirabima berkedudukan di Pekan Baru, Riau membawahi 5 Kodim, 50 Koramil, 2 Yonif (Yonif 132/BS), Yon Arhanuse-13/Pekanbaru dan Denrudal 004 Dumai.
  4. Korem 032/Wirabraja berkedudukan di Padang, Sumatera Barat membawahi 9 Kodim, 83 Koramil dan 2 Yonif (Yonif 131/BRS dan Yonif 133/YS) serta Den Zipur-2.
  5. Korem 033/Wira Pratama yang berkedudukan di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau dengan membawahi 4 Kodim.(Yonif 134/TS)
Satuan-satuan lainnya di bawah Kodam I/Bukit Barisan

Batalyon yang ada :

  1. Yonif 121/Macan Kumbang
  2. Yonif 122/Tombak Sakti
  3. Yonif 123/Rajawali
  4. Yonif 125/Simbisa
  5. Yonif 126/Kalacakti
  6. Yonif 131/Braja Sakti
  7. Yonif 132/Bima Sakti
  8. Yonif 133/Yudha Sakti
  9. Yonif 134/Tuah Sakti

Detasemen yang ada:

  1. Den Zipur 2 Padang Mengatas
  2. Den Rudal 2 di Dumai

Kompi yang ada:
  1. Kompi Kavaleri Serbu di Pekanbaru

Sementara itu, Kodam I/Bukit Barisan juga mempunyai satuan Berdiri Sendiri yang terdiri dari:

  1. Rindam I/BB
  2. Kodim 0201/BS
  3. Yonif 100/Raiders
  4. Yonkav 6/Serbu Naga Karimata
  5. Yonzipur 1/Dhira Dharma
  6. Yonarmed 2/105 Kilap Sumagan
  7. Yon Arhanudse 11/BS
  8. Yon Arhanudse 13

Pejabat Pangdam

  1. Letjen TNI Djamin ginting Pangdam pertama
  2. Mayor TNI Pohan (1945 - 1949)
  3. Brigjen TNI Sarwo Edhie Wibowo
  4. Brigjen TNI Leo Lopulisa
  5. Brigjen TNI Yasir Hadibroto (1972-1973)
  6. Brigjen TNI Sukoco
  7. Brigjen TNI Muhammad Ismail (1977-1980)
  8. Mayjen TNI Edi Sudradjat (1981 - 1983)
  9. Mayjen TNI Harsudiyono Hartas (1983-1985)
  10. Mayjen TNI Soeripto (1985 - 1986)
  11. Mayjen TNI Djarot Supadmo (1986)
  12. Mayjen TNI Ali Geno (1986-1987)
  13. Mayjen TNI Asmono (1987-1988)
  14. Mayjen TNI Djoko Pramono (1988-1990)
  15. Mayjen TNI R. Pramono (1990-1993)
  16. Mayjen TNI Albertus Pranowo (1993-1994)
  17. Mayjen TNI Arie Jeffry Kumaat (1994 - 1995)
  18. Mayjen TNI Sedaryanto (1995-1997)
  19. Mayjen TNI Tengku Rizal Nurdin (1997 - 1998)
  20. Mayjen TNI Ismed Yuzairi Chaniago (1998-1999)
  21. Mayjen TNI Abdul Rahman Gaffar (1999)
  22. Mayjen TNI Affandi (1999 - 2000)
  23. Mayjen TNI I Gde Purnama (2002 - 2003)
  24. Mayjen TNI Idris Gassing (2003 - 2004)
  25. Mayjen TNI Tri Tamtomo (2004 - 28 November 2005)
  26. Mayjen TNI Lilik AS Sumaryo (28 November 2005 - 28 November 2006)
  27. Mayjen TNI Johannes Suryo Prabowo (28 November 2006- 18 Desember 2007)
  28. Mayjen TNI Markus Kusnowo (18 Desember 2007 - 3 November 2008)
  29. Mayjen TNI Burhanuddin Amin (3 November 2008 - Januari 2010)
  30. Mayjen TNI M Noer Muis (Januari 2010 - Juni 2010)
  31. Mayjen TNI Leonardus JP Siegers (Juni 2010 - 2011)
  32. Mayjen TNI Lodewijk Freidrich Paulus (2011 - sekarang)


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Komando_Daerah_Militer_I/Bukit_Barisan

p1

HUT Persit KCK dimeriahkan dengan pertandingan Bola volly

Dalam rangka HUT Persit Kartika Chandra Kirana yang ke-66, Persit Koorcab Rem 032 PD I/Bukit Barisan memeriahkan dengan mengadakan berbagai macam kegiatan, diantaranya pertandingan Volly Ball antar Cabang yang diikuti lebih kurang 22 Club, tiap-tiap cabang menurunkan 1 Club. Persit KCK cabang LXVI Dim 0312 Padang Koorcab Rem 032 PD I / Bukit Barisan dibawah pimpinan Ny. Asep Ridwan tidak mau ketinggalan menurunkan pemain andalan Persit Kodim, pemain yang telah disiapkan dan dilatih jauh-jauh hari sebelumnya siap bertanding dengan sportif dan akan menghabisi lawan-lawan tandingnya.

Pertandingan Volly Ball dilaksanakan mulai tanggal 26 s.d 28 Maret 2012 di 3 tempat yaitu Lapangan Volly Ajenrem, lapangan Volly Denbekang dan lapangan Volly Denhubrem, mulai pukul 08.00 s.d 14.00 dengan menggunakan system pertandingan jumpa, setengah kompetisi, dan gugur. Sebelum melaksanakan pertandingan para pemain dan pelatih diberikan arahan oleh pimpinan pertandingan dari Jasrem 032/Wirabraja.

Pada pertandingan perdana pemain volly persit KCK Cabang LXVI Dim 0312 Padang menghadapi persit Kodim 0309 Solok, pada pertandingan ini berhasil memetik kemenangan , pada pertandingan berikutnya melawan persit Kodim Pariaman, persit Secata B Padang Panjang dan persit Denpal Padang juga meraih kemenangan sekaligus berhasil mendapat tiket ke Final yang akan berhadapan dengan pemain volly dari pemain Persit Koorcab Rem 032 PD I/Bukit Barisan, namun pada pertandingan final ini walau sudah mengerahkan seluruh kemampuan dan para supporter persit Kodim 0312 Padang harus puas menempati posisi ke-2 dan mengakui keunggulan pemain volley dari Persit Koorcab Rem 032 PD I/Bukit Barisan yang telah berhasil menjadi juara pertama, pengumuman pemenang dan pemberian hadiah nantinya akan disampaikan pada saat acara puncak HUT Persit Kartika Chandra Kirana.

Sumber :
http://kodim0312padang.mil.id/index.php/2011-11-22-07-14-24/kegiatan-persit/392-hut-persit-kck-ke-66-dimeriahkan-dengan-pertandingan-bola-volly

p1

Serah Terima Dandim 0308 Pariaman

Berkiprah untuk Masyarakat dan Daerah
Letkol Arh H Suhardono, serahkan santunan bagi anggota Veteran.

Lebih kurang empat setengah tahun lamanya masa tugas Letkol Arh H Suhardono sebagai Dandim 0308 Pariaman. Selama itu pula, banyak terekam kenangan dan cerita menarik terkait keberhasilan yang diukir jajaran Kodim 0308 Pariaman.

Salah satunya, di bawah kepemimpinan Letkol Arh H Suhardono, Dandim 0308 Pariaman semakin menasbihkan dirinya dalam meraih berbagai prestasi yang membanggakan. Hal itu antara lain ditandai keberhasilan Kodim 0308 Pariaman meraih berbagai prestasi penting.

Mulai dari juara lomba menembak, lomba KB Kes, lomba PMTAS, Latsitarda dan sederet prestasi membanggakan lainnya. Seperti diakui Letkol Arh H Suhardono, semua itu tidak terlepas dari semangat juang dan kerja keras disertai semangat kebersamaan yang terbangun dengan baik di lingkungan keluarga besar Kodim 0308 Pariaman selama ini.

Tampil dengan penuh kesahajaan, Letkol Inf Letkol Suhardono yang dikenal dengan filosofi “sedang saja,” ini, terbukti mampu mengantarkan Kodim 0308 Pariaman, menjadi salah satu Kodim yang disegani di wilayah kerja Korem 032/Wirabraja.

“Di samping kehadiran Beliau sangat banyak membantu masyarakat di daerah ini, figur Letkol Arh H Suhardono juga adalah pribadi yang rendah hati dan sosok yang memiliki jiwa kepemimpinan layaknya seorang ninik mamak. Bahkan beliau juga memberikan perhatian yang besar terhadap masa depan para prajurit di lingkungan Kodim 0308, yang ditandai pengadaan tanah untuk perumahan prajurit di kawasan Aia Tajun Kecamatan Lubuk Alung,” ungkap Bupati Padangpariaman, H Ali Mukhni saat acara pisah sambut antara Letkol Arh H Suhardono dengan Dandim 0308 Pariaman yang baru, Letkol Inf Tatan Ardianto, baru baru ini di Aula Saiyo Sakato Kantor Bupati Padangpariaman.

Apa yang ditegaskan Bupati Padangpariaman itu memang sangat beralasan. Buktinya, di masa kepemimpinan Dandim 0308 Pariaman, Letkol Arh H Suhardono, tercatat berhasil memperjuangkan pengadaan tanah perumahan bagi prajurit Kodim 0308 Pariaman. Sehingga begitu memasuki masa pensiun mereka diharapkan telah memiliki kepastian yang jelas, serta tidak lagi tinggal di asrama atau rumah dinas. (*)

Sumber :
http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=5577

p1

Dandim 0308 Pariaman Bertabur Prestasi

Pariaman, Padek—Pisah sambut Komandan Kodim 0308 Pariaman dari Letkol Arh H Suhardono kepada Letkol Inf Tatan Ardianto di pelataran Makodim 0308 Pariaman, Rabu (1/6) berlangsung haru.

Suhardono kepada Padang Ekspres mengaku banyak pengalaman berkesan yang didapatnya setelah bertugas sekitar 4,5 tahun sebagai Dandim 0308 Pariaman.
”Berbagai pengalaman berharga itu nantinya akan saya jadikan motivasi untuk meningkatkan kinerja dan kualitas hidup pada masa mendatang,” ungkap Suhardono, pada acara pisah sambut yang dihadiri keluarga besar Kodim 0308, Ketua LVRI Pariaman dan Padangpariaman Azwardin, keluarga besar veteran dan jajaran pengurus PPM.

Pengalaman itu, katanya, terutama terkait dalam menemukan konsep kematangan filosofi hidup sehingga semakin bisa memantapkan keyakinan dan tekad dalam bertugas.

Di samping itu, kebersamaan yang terbangun di lingkungan keluarga besar Kodim 0308 selama ini, juga dinilainya sebagai sesuatu yang sangat luar biasa sehingga berbagai prestasi membanggakan berhasil diraih. Mulai dari juara Latsitarda, PMTAS, kejuaraan bola voli hingga juara KB Kes serta sederet prestasi lainnya.

Untuk itulah dia berharap di bawah kepemimpinan Dandim 0308 Pariaman yang baru, berbagai pencapaian yang telah diraih selama ini bisa lebih dioptimalkan lagi. ”Meski saya tidak bertugas di sini lagi, tapi hubungan silaturrahmi yang telah terbangun selama ini hendaknya tetap bisa berlanjut pada masa mendatang,” harapnya.

Senada dengan itu, Dandim 0308 Pariaman yang baru, Letkol Inf Tatan Ardianto berharap dukungan semua pihak, sehingga nantinya dia bisa meraih sukses dalam menjalankan tugas dengan baik seperti yang telah diraih Dandim sebelumnya. ”Makanya saya sekeluarga berharap kiranya kehadiran kami di sini hendaknya bisa diterima semua pihak,” ungkapnya.

Letkol Inf Tatan Ardianto bertekad melanjutkan program yang telah dirintis Dandim sebelumnya, terutama dalam membesarkan Kodim 0308 Pariaman. ”Semoga bapak Letkol Arh H Suhardono kian sukses di tempat tugas yang baru,” ujarnya. (ris)

Sumber :
http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=5301

p1

Sosialisasi Kesiapsiagaan Darurat

Pariaman, Info Publik - Bencana merupakan peritiwa yang tidak dapat diketahui dan diprediksi kapan datangnya, oleh karena itu diperlukan kesiapsiagaan bersama untuk menghadapinya, karena kesiapsiagaan merupakan kunci untuk penanggulangan bencana.

Hal tersebut disampaikan oleh Walikota Pariaman melalui Sekretaris Daerah Armen dalam pembukaan sosialisasi Kesiapsiagaan Darurat Terhadap Ancaman Banjir, Longsor dan Penyakit Akibat Cuaca Ekstrim di Kota Pariaman, yang dilaksanakan di Pariaman, Kamis (9/2).

Ia mengimbau kepada peserta sosialisasi supaya sungguh-sungguh mengikutinya agar mengetahui langkah-langkah yang harus diambil untuk penanggulangan bencana sehingga dapat mengurangi dampak dari bencana tersebut.

Selain itu ia juga mengajak seluruh masyarakat khususnya di Kota Pariaman untuk saling bahu-membahu dalam menanggulangi bencana.

Sosialisasi ini dihadiri oleh 80 orang peserta dari berbagai lapisan masyarakat, seperti masyarakat yang tinggal di tepi pantai, tokoh maysrakat, aparatur pemerintah dan organisasi-organisasi masyarakat lainnya.

Sosialisasi ini dilaksanakan selama satu hari dengan menghadirkan narasumber dari BMKG Sicincin, Kodim 0308 Pariaman, Polres Pariaman, Dinas Kesehatan Kota Pariaman serta Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Kota Pariaman. (se/agus/toeb)

Sumber :
http://infopublik.kominfo.go.id/index.php?page=print&newsid=15198

p1

Kunjungan Walikota Pariaman ke Markas Kodim 0308 Pariaman

Walikota Pariaman, H. Mukhlis. R dan Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni, Sabtu (10/6) melakukan kunjungan ke Markas Kodim 0308 Pariaman. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka meninjau Pelaksanaan KB-Kes Terpadu Tahun 2011 Tingkat Propinsi Sumatera Barat, dengan menerapkan Sistem MOP (Medis Operasi Pria), yang terselenggara atas kerjasama BKKBN Propinsi Sumbar dengan TNI.

Kehadiran Walikota Pariaman dan Bupati Padang Pariaman pada acara KB-Kes dengan 60 orang Akseptor Se-Sumbar itu, disambut Dandim 0308 Pariaman, Letkol. Inf. Tatan Ardianto, Kepala BP2KB Kota Pariaman, Drs. Yutiardi Rivai, A.Pt, Kepala BP2KB Kab. Padang Pariaman, Gusniwati dan Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Hj. Reni Mukhlis. R.

Dalam kesempatan ini Wako Pariaman, H. Mukhlis. R menyatakan antusias dengan keberhasilan program MOP, karena setelah diuji coba beberapa tahun terakhir. Karena sebagaimana diketahui, pasca reformasi program Keluarga Berencana (KB) mulai kurang mendapat perhatian dan sekarang ini mulai dirasakan dampak peningkatan angka kelahiran yang cukup tinggi. Hal tersebut tentulah sangat mengkhawatirkan, sebab akan mengganggu keseimbangan dan ketersediaan pangan.

“Dengan diterapkannya Sistem MOP ini, kita tentu yakin program KB akan terlaksana kembali dan diminati oleh setiap Pasangan Usia Subur (PUS). Karena sistem ini memiliki efek samping yang jauh lebih kecil daripada sistem KB yang sudah pernah diterapkan sebelumnya, yang penerapkannya hanya kepada kaum perempuan saja,” ucap Wako.(Humas)

Sumber :
http://www.pariamankota.go.id/berita/158/wako-pariaman-dan-bupati-padang-pariaman-tinjau-pelaksanaan-kb-kes-terpadu-tahun-2011.html

p1

Daftar Alamat Dislokasi Satuan Jajaran TNI AD Bukit Barisan















Daftar Alamat Dislokasi dan Kode Pos Satuan Jajaran TNI Angkatan Darat selengkapnya dapat dilihat pada link dibawah ini :
Daftar Alamat Dislokasi dan Kode Pos

p1

Pejabat Kodim 0308 Pariaman

NURSAMSUDDIN
DANDIM
Ltk Arm / 1920038120268



YONDRI NOVA
KASDIM
Myr Inf / 546814



AMIRUDDIN
PABUNG
Myr Inf / 522575



HERMAN
PASIINTEL
Kpt Arh / 638495



ERDASLI BADAROS
PASIOPS
Kpt Inf / 539053



SYAMKI SISWANTO
PASITER
Kpt Inf / 592619



DJOKO SOEHARIYADI
DANRAMIL 01
Kpt Inf / 2910102541070



WAGIMAN
DANRAMIL 02
Kpt Inf / 561699



MASLUR
DANRAMIL 03
Kpt Inf / 541870



IRWAN T.
DANRAMIL 04
Kpt Inf / 539919



KHAIRUMAN
DANRAMIL 05
Kpt Inf / 539927



NURMATIAS
DANRAMIL 06
Kpt Inf / 546834



KARMAN
DANRAMIL 07
Kpt Inf 596846



ALI MUNTIR
DANRAMIL 08
Kpt Inf / 577260



SYAMSUL RIZAL
DANRAMIL 13
Kpt Inf / 566796



p1