ads

Slider[Style1]

Berita Utama Kodim 0308 Pariaman

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

LINK




KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
TNI-AL DEPHAN




TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA


( Pariaman, 28 Oktober 2015 ) Hasil penelitian menunjukkan, periode gempa-gempa besar di wilayah Sumbar terjadi terakhir pada tahun 1797 dan 1833. Sementara gempa tahun 2007 di wilayah Mentawai hanya melepaskan 1/3 jumlah energi tekanan tektonik yang terakumulasi. 

Gempa tersebut diprediksi menyebabkan gelombang tsunami yang menyapu kawasan di Pantai Barat Sumbar radius 5 kilometer (km) dari bibir pantai. Pariaman merupakan salah satu kota yang terancam terkena dampak tsunami.

Untuk itu Pemerintah dan BNPB Kota Pariaman beserta Kodim 0308/Pariaman meyelenggarakan Rakor Forum Masjid Peduli bencana Kota Pariaman dalam rangka sosialisasi aktivasi server DVB penerima dan penyebar informasi gempa, Tsunami dan bencana lainnya dari BMKG, yang bertempat di Aula balai kota Pariaman pada tanggal 26 Oktober 2015.


BNPB melaunching DVB ( Digital Video Broadcast ) yaitu suatu alat yang berfungsi memberikan peringatan secara otomatis berupa bunyi sirine apabila terjadi gempa yang berpotensi menimbulkan tsunami. Berdasarkan analisa BMKG Sumbar dengan skenario sumber gempa berada di antara Kepulauan Mentawai dan Pantai barat Sumbar, sesaat setelah terjadi gempa dalam waktu 20 menit gelombang tsunami tiba di pantai barat Sumbar. Sementara waktu yang diperlukan oleh DVB sesaat setelah terjadi gempa yang berpotensi tsunami tersebut sampai dengan proses keluarnya tanda peringatan berupa tanda bunyi sirine adalah 5 – 7 menit. Waktu tersebut dikenal dengan istilah golden time.
Menyikapi hal ini diperlukan sinergitas semua elemen pemerintah dan masyarakat dalam proses sosialisasi tentang bahaya ini dan bagaimana mengantisipasinya. Dalam hal ini Pemko Pariaman ( BPBD Kota Pariaman ) dan Kodim 0308/Pariaman telah melakukan langkah – langkah mitigasi bencana seperti : Pemetaan daerah – daerah shelter, menyusun SOP bersama dan lain – lain.

About Website Kodim Pariaman 0308

Official Website Kodim 0308 Pariaman.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
admin

Top