ads

Slider[Style1]

Berita Utama Kodim 0308 Pariaman

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

LINK




KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
TNI-AL DEPHAN




TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA




*Babinsa Bantu Petani Bikin Tong Kayu Untuk Alat Panen Padi*

SICINCIN. Saat ini sudah banyak macam alat perlengkapan untuk memudahkan petani dalam memproduksi padi seperti mesin pemotong maupun mesin perontok padi.
Namun masyarakat masih ada yang menggunakan alat pertanian yang bersifat tradisional dikarenakan mahalnya harga alat modern tersebut. Seperti mesin perontok jika dibeli harganya bisa sampai jutaan. Sehingga masyarakat berusaha membuat sendiri alat panen padi yang merupakan sudah dipergunakan semenjak dahulunya.Yaitu berupa tong kayu yang dapat menampung padi saat panen nanti.

  Seperti yang dibuat oleh bapak Ibrahim warga Korong Titian Panjang Nagari Kayutanam yang berusaha membuat sendiri tong padi guna menghemat biaya yang jika dibeli harganya bisa mencapai Rp 700.000,- .jika dibuat sendiri untuk dipakai sendiri harganya jauh lebih murah yaitu Rp 125.000,-" Kalau untuk saya pakai sendiri mending kita buat sendiri  karena kalau beli mahal,pak" kata pak Ibrahim disela kesibukannya.

" Kita sudah berupaya agar para kelompok tani mendapatkan mesin perontok padi. Namun hingga sekarang belum juga terealisasi dari dinas pertanian. Semoga kedepan dinas pertanian dapat mendistribusikan bantuan alsintan khususnya mesin perontok padi agar produksi padi petani bisa maksimal dan efisien," ungkap Serda Algutsardini putra saat mendampingi bapak Ibrahim membuat tong padi Korong Titian Panjang Nagari Kayutanam, Kamis (13/02/2020).

About Website Kodim Pariaman 0308

Official Website Kodim 0308 Pariaman.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
admin

Top