ads

Slider[Style1]

Berita Utama Kodim 0308 Pariaman

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

LINK




KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
TNI-AL DEPHAN




TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA






Babinsa koramil.07/PK dampingi Pengurus Akta kelahiran .

Srd Erry adalah Babinsa Nagari Kapalo Koto Kec Nan Sabaris Kab Padang Pariaman.
Pada Kesempatan ini mendampingi Petugas Disukcapil di Nagari Ķapalo Koto melaksanakan pengurusan Akta Kelahiran.

- Akta kelahiran adalah dokumen wajib yang harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia.

Dokumen ini adalah tanda bukti syah mengenai Status dan Peristiwa Kelahiran seseorang yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Melansir dari laman resmi Disdukcapil kab Padang Pariaman  bayi yang dilaporkan kelahirannya akan terdaftar dalam Kartu Keluarga dan diberi NIK sebagai Dasar untuk memperoleh pelayanan masyarakat Lainnya.

Setiap kelahiran wajib dilaporkan oleh penduduk kepada Instansi Pelaksana setempat paling lambat 60 (enam puluh) hari sejak kelahiran.

Proses Penerbitan Kutipan Akta Kelahiran pada Instansi Pelaksana (Disdukpil) paling lambat 14 (empat belas) hari, dan tanpa dipungut biaya apapun atau gratis.

Berikut adalah cara dan syarat pembuatan Akta Kelahiran.

Permohonan pelayanan Pencatatan Akta Kelahiran dapat dilakukan di :

a. Dinas;

b. Suku Dinas;

c. Seksi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan;

d. Puskesmas Kecamatan;

e. Rumah Sakit; dan

f. Loket pelayanan lainnya.

Sesuai dengan Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 pencatatan kelahiran yang sebelumnya berdasarkan atas asa peristiwa, sejak ditetapkannya undang-undang ini berubah menjadi berdasarkan atas domisli. Sehingga pencatatan dilakukan pada instansi pelaksanan sesuai dengan domisili pelapor.

Bayi yang dilaporkan kelahirannya akan terdaftar dalam Kartu Keluarga dan diberi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai dasar untuk memperoleh pelayanan masyarakat lainnya.

Sebagai hasil pelaporan kelahiran, diterbitkan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

Persyaratan

Untuk memperoleh Pelayanan Pelaporan Kelahiran harus memenuhi persyaratan berikut ini:

a. Surat Keterangan Kelahiran dari Rumah Sakit/Dokter/Bidan/Pilot/Nachkoda

b. Asli dan Fotokopi KK bagi penduduk/SKSKPNP bagi penduduk non permanen;

c. Asli dan Fotokopi KTP Orang tua/SKDS/Surat Keterangan Pelaporan Tamu;

d. Asli dan Fotokopi Surat Nikah/Akta Perkawinan Orang tua;

e. Asli dan Fotokopi Paspor bagi Orang Asing;

f. Surat Keterangan Kepolisian untuk anak yang tidak diketahui asal-usulnya; dan

g. Surat Keterangan dari lembaga sosial untuk kelahiran anak penduduk rentan.


Mengurus Akta Kelahiran Tidak Sepatutnya Dikenai Denda

Memberikan Hak Anak Lewat Akta Kelahiran


Pembuatan akta kelahiran di Disdukcapil tanpa dipungut biaya apapun atau gratis.(Rabu,05/02/20)

About Website Kodim Pariaman 0308

Official Website Kodim 0308 Pariaman.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
admin

Top