ads

Slider[Style1]

Berita Utama Kodim 0308 Pariaman

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

LINK




KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
TNI-AL DEPHAN




TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA





*BABINSA KORAMIL 06/KP.DALAM MENGIKUTI APEL GABUNGAN SIAP SIAGA DI LAPANGAN KUDU KEC.V KOTO TIMUR*

 Menggelar Apel Gabungan Gelar Pasukan dan Peralatan, Pada Hari ini Rabu (19/02/2020). Kegiatan yang digelar di lapangan bola nagari kudu ganting tersebut dilaksanakan dalam rangka Siap Siaga Bencana Alam seperti , longsor, banjir dan angin Puting Beliung  di wilayah Kabupaten padang pariaman.



Apel gabungan dipimpin oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten padang pariaman  Dihadiri oleh Dandim 0308/Prm Letkol Arm Heri Pujiyanto S.Sos di wakili Kasdim Mayor Inf Muslim, Kapolres di Wakapolres Kota dan Wakapolres Kabupaten, Kepala Dinas Perhubungan Vitrianson, dan para undangan lainnya.
Wakil Bupati padang pariaman dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala BPBD Panahatan Sinaga mengatakan Kabupaten padang pariaman  berdasarkan hasil kajian memiliki tingkat kerawanan dan tingkat risiko yang tinggi terhadap bencana, salah satunya adalah bencana longsor.
Hal ini disebabkan karena rumah pemukiman Nagari kudu ganting barat di  berada di bantaran tebing , serta memiliki beberapa wilayah pergunungan
Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat ini Kabupaten padang pariaman telah memasuki awal musim penghujan dan berpotensi terjadinya cuaca ekstrim. “Kondisi ini perlu segera kita sikapi terutama untuk wilayah-wilayah yang memiliki tingkat risiko tinggi terhadap bencana longsor atau banjir seperti di Kecamatan yang lainnya dan juga berpotensi terjadinya cuaca ekstrim terutama pemukiman masyarakat yang dekat dengan bukit bukit untuk wilayah Nagari kudu Ganting Barat kec.V koto timur” terangnya.



Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana, perangkat daerah terkait serta jajaran TNI/Polri, BPBD dan relawan, secara bersama-sama perlu mengambil langkah-langkah kongkrit seperti pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dan Materiil Siaga Bencana longsor, Banjir dan Angin Puting Beliung yang saat ini sedang dilaksanakan.
Apel ini dilakukan guna mengevaluasi kekuatan personil dan peralatan yang ada untuk antisipasi dan kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi bencana longsor dan cuaca ekstrim di Kabupaten padang pariaman . Dalam sambutan tertulisnya ia menegaskan sekecil apapun informasi yang didapat perlu dikaji dan ditindak lanjuti guna mengurangi tingkat risiko yang mungkin akan terjadi.

“Kita perlu mengerahkan seluruh sumberdaya yang ada untuk membantu masyarakat. Jika skala bencana meningkat dan perlu dilakukan evakuasi kita harus sudah siap, baik personil maupun peralatan yang diperlukan. Dengan mengerahkan seluruh kekuatan yang ada di tingkat kecamatan dan Wali korong termasuk Camat,wali nagari , Kapolsek, Danramil, Babinsa, Babin Kamtibmas dan relawan diharapkan akan membantu dalam penanganan bencana tersebut,” tuturnya.




Pada kesempatan itu, ia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas dedikasi, kerja keras dan kerjasama yang baik yang terjalin antara Pemerintah Daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan perangkat daerah terkait lainnya dengan TNI, Polri, serta para relawan dalam penanganan bencana di Kabupaten padang pariaman ini, sehingga banyak kejadian-kejadian kebencanaaan yang dapat diatasi dengan baik.
“Saya sangat menyadari bahwa pemerintah daerah tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari semua pihak. Pemerintah daerah juga menyadari bahwa masih banyak kekurangan serta dukungan yang belum maksimal dari pemerintah, namun hal ini janganlah menjadi kendala dan melemahkan semangat kita semua dalam menangani bencana yang terjadi di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman.
(BBS MIL 06/KDL SS)

About Website Kodim Pariaman 0308

Official Website Kodim 0308 Pariaman.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
admin

Top