ads

Slider[Style1]

Berita Utama Kodim 0308 Pariaman

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

LINK




KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
TNI-AL DEPHAN




TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA

Babinsa Koramil-08/SGR dan Bhabinkamtibmas Menjadi Mediator Dalam Menyelesaikan Masalah Antar Warga

Serda Ermansyah Putra Babinsa Koramil-08/Sungai Geringging Kodim 0308/Prm bersama dengan Bhabinkamtibmas Brigadir Joko Nugroho,  bertindak sebagai penengah atas telah terjadinya kesalah pahaman antara warga binaan dalam pengaturan pengairan Sawah di Korong Padang Polongan Nagari III Koto Amal Timur Kec. IV Koto Amal, Minggu 15 Maret 2020.

Masalah ini terjadi pada hari Sabtu tanggal 14 Maret 2020 lalu, ketika salah seorang warga Korong Padang Polongan, mengetahui bahwa saluran pengairan sawah dikelompoknya disumbat sehingga ada sebagian sawah warga yang baru ditanami mengalami kekeringan karena tidak teraliri oleh air dan malahan air tersebut mengalir kesawah warga yang bernama Ibu Dewi, Usia 53 tahun, Suku Koto, Alamat Korong Padang Polongan beserta keluarganya, dimana diketahui bahwa keluarga ibu Dewi ini sedang menyemai benih padi disawahnya, sedangkan menurut pengaturan pengairan yang telah disepakati bersama dulu, sistem pengairan dibuat secara bergantian dan saat ini bukanlah giliran kelompok Ibu Dewi, sehingga timbulah kesalah pahaman antara mereka.


Sebagai seorang Babinsa diwilayah Nagari III Koto Amal Timur Kec. IV Koto Amal Serda Ermansyah Putra dan Bhabinkamtibmas segera berkoordinasi dan menemui kedua belah pihak serta menanyakan pasal kejadian sebenarnya. Setelah ditemui dan diambil keterangan dari masing masing pihak didapatilah hasil yaitu pihak Ibu Dewi menyangkal tuduhan tersebut karena pihak ibu Dewi merasa tidak ada melakukan penyumbatan terhadap aliran air yang menuju sawah kelompok warga yang lainnya. kelompok warga yang lain tidak terima dengan alasan pihak ibu Dewi tersebut dan berencana akan menyumbat mati aliran air menuju sawah ibu Dewi selama 10 hari kedepan sesuai dengan surat perjanjian dulu.


Dalam kondisi perdamaian yang berjalan alot tersebut, Babinsa dan Bhabinkamtibmas berkoordinasi, selanjutnya turun tangan sebagai Mediator antara kedua belah pihak yang bertikai, sehingga keadaan mulai mencair dan diambilah kebijakan dengan cara mengambil jalan tengah, yaitu tetap memberikan sanksi kepada pihak ibu Dewi namun harinya dikurangi yaitu selama 3 hari berturut turut disumbat mati, setelah itu dibuka lagi seperti biasa, dan kedua belah pihak menyambutnya dengan hati yang lapang serta menerima usulan yang diambil oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas tersebut.

About Website Kodim Pariaman 0308

Official Website Kodim 0308 Pariaman.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
admin

Top