ads

Slider[Style1]

Berita Utama Kodim 0308 Pariaman

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

LINK




KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
TNI-AL DEPHAN




TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA


Babinsa Serda Mardison Koramil 06/Kp. Dalam Kodim 0308/Pariaman saat melaksanakan gotong royong sekaligus penanaman   Sereh Wangi di Korong Toboh Kuranji Nagari Campago Selatan Kecamatan V Koto Kp.Dalam Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam dua minggu ini, Babinsa Serda Mardison  menciptakan peluang bisnis baru melalui budidaya sereh wangi dengan memanfaatkan lahan yang kurang produktif. Ia menilai tanaman sereh wangi tersebut tidak membutuhkan perlakuan khusus, sehingga dalam pelaksanaan goro itu dilakukan penanaman sereh wangi oleh masyarakat setempat. (Minggu, 28 juni 2020).

Di sela-sela melaksanakan tugas pokok sebagai anggota TNI di wilayah Kecamatan Nagari Campago Selatan ia mengajak sejumlah masyarakat untuk melakukan terobosan baru tersebut sebagai tambahan penghasilan, karena tanaman sereh wangi banyak akan manfaatnya.

Dalam ilmu pertanian, Sereh wangi atau dikenal dengan Cymbopogon nardus. L merupakan salah satu jenis tanaman minyak atsiri, yang tergolong sudah berkembang. Dari hasil penyulingan daunnya diperoleh minyak sereh wangi yang dalam dunia perdagangan dikenal dengan nama Citronella Oil. Minyak sereh wangi Indonesia dipasaran dunia terkenal dengan nama “Citronella Oil of Java”.


Tidak hanya itu, limbah rumput dari sisa penyulingannya juga masih bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak yang nantinya akan diolah dengan sistem fermentasi termasuk juga limbah minyak juga bermanfaat digunakan untuk pestisida.

"Jadi, semuanya tidak terbuang percuma, limbah dari penyulingan bisa dibuat ternak sapi dan pestisida" ungkapnya.

Budidaya Sereh Wangi ini mendapat perhatian warga, sudah banyak yang tertarik dengan bisnis baru di Nagari campago selatan . Selain menghijaukan lahan kering, masyarakat juga nanti akan mendapatkan penghasilan tambahan.

Wali Nagari Campago Selatan Bpk Hanafi sangat antusias, serta warga nya pun mendukung sekaligus berterima kasih kepada Babinsa Serda Mardison atas partisipasi yang di orbitkan ke Kami " Kata Wali Nagari Campago Selatan.
(BBS Serda Mardison Koramil 06/Kp. Dalam Dim 0308/Prm)

About Website Kodim Pariaman 0308

Official Website Kodim 0308 Pariaman.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
admin

Top