ads

Slider[Style1]

Berita Utama Kodim 0308 Pariaman

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

LINK




KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
TNI-AL DEPHAN




TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA


Babinsa Koramil O7/Pauh Kambar Serda Darta Hendra Mulia  mendampingi Kelompok Tani (Poktan) se Kecamatan Nansabaris melaksanakan  gerakan pengendalian hama wereng coklat di Nagari Kurai Taji Timur di Korong Pasar Kecamatan Nansabaris Kabupaten Padang Pariaman.  (Senin, 13 Juli 2020)

Hadir dalam kegiatan tersebut petugas dari Dinas Pertanian Sumatera Barat, Camat Nansabaris PPL se Kecamatan Nansabaris, Babinsa Koramil 07/Pk dan Ketua Poktan se Keamatan Nansabaris  beserta  anggotanya.

Serda Darta Hendra Mulia dan anggota Koramil 07/Pk  mengatakan bahwa sudah kita ketahui    bersama pada umumnya hama utama tanaman padi salah satunya adalah Wereng Batang Coklat   (WBC) yang paling berbahaya dan merugikan para petani. Hama WBC ini jika tidak segera    ditangani akan sangat mempengaruhi produksi dan produktifitas padi bahkan dapat mengakibatkan gagal panen. Dan saat ini merupakan musim endemis hama wereng coklat pada musim hujan   seperti ini biasanya populasi hama Wereng Coklat akan meningkat karena kondisi lingkungan   yang   lembab. 







Lebih lanjut Babinsa Koramil 07/Pk  mengatakan, tujuan dari Gerakan pengedalian WBC   diantaranya mensosialisasikan penggunaan pestisida secara tepat kepada petani dengan cara   penyemprotan serentak dan melibatkan banyak petani, sebagai upaya pencegahan penyebarluasan  WBC. Selanjutnya, untuk penggunaan pestisida harus berdasarkan prinsip “5 T” yaitu tepat sasaran, tepatjenis, tepat waktu, tepat dosis, dan tepat cara aplikasi. 

Yang perlu diwaspadai oleh petani adalah ciri-ciri serangan Wereng Batang Coklat, bisanya   menyerang tanaman padi umur 30 hari dan akan semakin nampak pada umur 40–50 hari.     “Keganasan WBC menghisap cairan batang padi, juga menularkan virus sehingga tanaman bisa kerdil,” pungkasnya Serda Darta Hendra Mulia.

About Website Kodim Pariaman 0308

Official Website Kodim 0308 Pariaman.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
admin

Top