ads

Slider[Style1]

Berita Utama Kodim 0308 Pariaman

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

LINK




KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
TNI-AL DEPHAN




TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA


PADANG PARIAMAN – Babinsa koramil 07/Pauh Kambar Serda Darta Hendra Mulia diharapkan selalu berperan ditengah-tengah warga, tidak perduli waktu dan tempat. Apabila warga butuh kehadiran Babinsa sebagai upaya penyelesaian suatu masalah/perselisihan, maka tidak ada alasan Babinsa harus hadir dan berada bersama mereka.

Demi menunaikan salah satu tugas pokok Bintara Pembina Desa (Babinsa), yakni memberikan penyuluhan kepada warga di wilayah binaan dalam rangka mewujudkan ketertiban, keamanan dan keselarasan dalam kehidupan bermasyarakat, Serda Darta Hendra.M Babinsa Koramil 07/Pauh Kambar Kecamatan Nan sabaris Kabupaten Padang Pariaman mengupayakan perdamaian dua warga binan yang sempat terlibat dalam perkelahian. (Rabu, 9 september 2020).

Hal ini dilakukannya agar tidak timbul konflik yang lebih luas dan besar dengan melibatkan sanak saudara mereka, tetangga dan famili masing-masing.
Untuk itu, Babinsa koramil 07/Pauh Kambar bersama tokoh Lembaga Adat Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman dan beberapa warga bersama-sama mengupayakan perdamaian, antara dua warga binaan, Ibu Yeni dan Ibu Simar dengan status yang masih sebagai Ibu rumah tangga.





Menurut Serda Darta Hendra Mulia jika perkelahian itu tidak dicegah, besar kemungkinan akan memicu keributan yang lebih besar dan melebar. Beberapa solusi diberikan sebagai wujud upaya perdamaian sekaligus solusi, diantaranya apakah permasalahan bersedia diselesaikan secara hukum atau penyelesaian secara kekeluargaan dengan didamaikan oleh tokoh adat. Ternyata, kedua belah pihak bersedia dan memilih diselesaikan secara kekeluargaan.


Untuk memastikan upaya perdamaian tersebut agar tidak terulang kembali, kedua belah pihak yang terlibat perkelahian bersedia untuk membuat perjanjian damai secara tertulis dan ditandatangani di atas materai.

Dengan tercapainya upaya perdamaian secara kekeluargaan dapat dipastikan konflik yang lebih besar tidak akan terjadi dan dengan demikian, harapan Babinsa dan warga untuk mewujudkan keamanan warga, terutama terjaga dengan baik. Inilah upaya nyata Babinsa sesungguhnya dalam menyelesaikan perselisihan dilingkungan warga masyarakat.

“Tidak semua permasalahan harus diselesaikan dengan jalur hukum, tetapi dalam kasus-kasus tertentu upaya shock terapy perlu dilakukan agar timbul efek jera.” ujar Babinsa koramil 07/Pauh Kambar

About Website Kodim Pariaman 0308

Official Website Kodim 0308 Pariaman.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
admin

Top