ads

Slider[Style1]

Berita Utama Kodim 0308 Pariaman

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

LINK




KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
TNI-AL DEPHAN




TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA


KAMPUNG DALAM - Babinsa Koramil 06/Kp. Dalam Kodim 0308/Pariaman Serda Mardison di tengah pandemi Virus Corona (COVID-19) mendampingi produksi pangan dipastikan aman guna memenuhi kebutuhan menjelang hingga selama Covid -19. Tapi jangan lupa, selama musim panen selalu menerapkan aturan Covid -19. 

Salah satunya wilayah yang saat ini siap memanen jagung yakni korong Sungai Jelatang, Kecamatan V Koto Kp.Dalam Kabupaten Padang Pariaman yang memiliki hamparan jagung yang siap panen seluas 1 hektar. (Selasa, 20/10/2020).

 Memasuki  masa panen, Kabupaten Padang Pariaman mempunyai lahan jagung yang relatif luas kalau kita perhatikan secara seksama.

 Babinsa serda Mardison menyebutkan hamparan pertanian yakni budidaya jagung  Kabupaten Padang Pariaman pada umumnya (khususnya Kp. Dalam) memasuki masa panen.

"Hasil panen ini kami pastikan tidak hanya mengamankan kebutuhan di dalam korong Sungai Jelatang saja tetapi kami juga bisa mensuplai ke daerah lain.

Babinsa  menyarankan bahwa masa panen raya petani jagung ini diikuti dengan mendapatkan harga yang menguntungkan. Pertanian berkomitmen menjamin agar hasil panen petani memperoleh harga beli di atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP)


"Alhamdulillah, saat ini harga gabah di petani Rp 3.400 apabila dijemput. sampai Rp 4.500 per kilogram untuk gabah kering panen diterima di pabrik" Sambung bpk Edy. 

"Masa panen dibulan oktober 2020 ini petani benar-benar senang dan semangat bertani," bebernya.

Bpk Edy punya program  yakni Komando Strategi Penggilingan (Kostraling) yang memberdayakan penggilingan jagung untuk membeli gabah dari kelompok petani atau gabungan  kelompok petani yang sesuai HPP untuk disimpan dan digiling serta dijual dengan kualitas standar.

"Sesuai arahan Bapak Babinsa untuk menggerakkan Kostraling menyerap gabah petani serta manajemen stock distribusi jagung," ujar Bpk Edy.

"Kita tidak bekerja sendiri, ada beberapa pihak yang berkontribusi dalam Kostraling tersebut. Ada Pemerintah, Penggilingan jagung, Bank atau Badan Layanan Umum dengan menyediakan KUR, serta pengusaha sebagai penjamin pasar,” ujarnya.

Untuk mendukung suksesnya kegiatan ini, Kami juga mengupayakan dukungan sarana dan prasarana  serta penanganan pasca panen. Berbagai kebijakan dan program kerja yang dikembangkan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah petani dan mensejahterakan petani.

(BBS MDS/kp dalam)

About Website Kodim Pariaman 0308

Official Website Kodim 0308 Pariaman.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
admin

Top