ads

Slider[Style1]

Berita Utama Kodim 0308 Pariaman

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

LINK




KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
TNI-AL DEPHAN




TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA


PAUH KAMBAR - Babinsa Koramil 07/Pauh Kambar jajaran Kodim 0308/Pariaman Serda Erry bantu petani panen cabe sekaligus cabut rumput (Gulma) yang menggangu Perkembangan cabe di lahan milik Bapak zulnaidi salah satu petani cabe di wilayah binaanya, bertempat di Jorong Kukit Caliek Nagari Padang Kandang Pualu Air Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman, Rabu (18/11/2020).

Gulma merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu produktivitas tanaman. Gulma merupakan rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman yang kita budidayakan, yang kehadirannya selalu mengganggu pertumbuhan tanaman.

Serda Erry mengatakan Gulma pada tanaman cabe ini biasanya berbentuk rumput, dan Gulma pada tanaman cabe harus segera ditanggulangi agar pertumbuhan tanaman bisa berjalan dengan baik dan apabila di biarkan maka cabe yang ditanam akan lambat perkembangnya,” ungkapnya.


Ia juga menjelaskan, Gulma adalah salah satu kendala utama dan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen. “Gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan antara Gulma itu sendiri dengan cabe, dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya,” jelasnya.

Bapak Zulnaidi  pemilik lahan yang mendapat bantuan pendampingan pembersihan rumput di sela-sela tanaman cabe oleh Babinsa mengucapkan banyak terima kasih. “Berkat pak Babinsa membantu di kebun cabe saya, kegiatan bisa terbantu sehingga kebersihan dari tanaman penggangu (Gulma) bisa tercapai,” ujarnya

About Website Kodim Pariaman 0308

Official Website Kodim 0308 Pariaman.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
admin

Top