ads

Slider[Style1]

Berita Utama Kodim 0308 Pariaman

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

LINK




KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
TNI-AL DEPHAN




TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA


PAUH KAMBAR - Babinsa Koramil 07/Pauh Kambar Kodim0308/Pariaman Serda Erry bantu warga  melamang di wilayah binaan. Kegiatan malamang dan bajamba (memasak lemang atau ketan untuk dimakan bersama) di Korong Sungai Batuang Nagari Padang Kandang Pulau Air Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. (Rabu, 18/11/2020 11:10 WIB).

"Malamang", adalah salah satu tradisi Budaya Padang Pariaman yaitu memasak Lemang (beras ketan yang dimasak dalam Bambu) serta  Bajamba yang dilaksanakan setiap tahun bertepatan dengan bulan Maulid Nabi dan nantinya akan dimakan secara bersama-sama dengan masyarakat.

Selain itu, Malamang dan Bajamba sangat membangkitkan budaya masyarakat Padang Pariaman memang sangat efektif dalam membangun kekompakan para masyarakat. Sebab  kegiatan itu tidak bakal berjalan tanpa adanya kekompakan dari warga dan masyarakat setempat.


"Saya sangat berterimakasih sekali sama pak Babinsa karna sudah mendukung kegiatan Malamang dan Bajamba ini yang merupakan tradisi budaya warga Padang Pariaman yang biasanya dilakukan pada acara tertentu yang diselenggarakan warga kami." kata ibu Lastri salah satu warga setempat.

 Malamang dan bajamba tersebut penting dipertahankan sehingga tradisi tersebut dirasakan oleh generasi selanjutnya.

"Kegiatan ini juga dapat mempertahankan tradisi, makanan tradisional, serta menciptakan karakter positif kepada masyarakat, sebab  kegiatan tersebut meminta kebersamaan dan kekompakan masyarakat. Kalau tidak kompak maka hasilnya tidak akan bagus," katanya.

"Malamang" adalah merupakan kegiatan membuat salah satu makanan tradisional yang disebut "Lamang" atau "Lemang" dan biasanya dibuat secara bersama-sama. Sedangkan "Bajamba" adalah tradisi makan yang dilakukan oleh orang Minangkabau dengan cara duduk bersama-sama  dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan.


Sementara itu, Wali Nagari Padang Kandang Pulau Air Bpk. Danil mengatakan pihaknya terinspirasi mengadakan Malamang dan Bajamba budaya itu karena kondisi sosial masyarakat di Padang Pariaman yang mendukung terlebih adanya Maulud Nabi Muhammad yang identik dengan malamang.

Babinsa mengatakan "kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat Padang Pariaman, karena Malamang dan Bajamba ini seluruh orang tua dan generasi muda mendukung selama pelaksanaannya yang dilakukan secara kompak dan bersama-sama oleh masyarakat." ujar Serda Erry.

"Kami tidak menyentuh sedikitpun dana nagari, karena kegiatan ini memang keinginan bersama dari masyarakat. Terlebih pelaksanaannya bertepatan dengan Maulid Nabi" ujar ibu Lastri.

About Website Kodim Pariaman 0308

Official Website Kodim 0308 Pariaman.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
admin

Top