ads

Slider[Style1]

Berita Utama Kodim 0308 Pariaman

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

LINK




KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
TNI-AL DEPHAN




TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA


PAUH KAMBAR - Panen padi yang ditunggu-tunggu oleh petani ternyata tidak hanya menjadi berkah bagi petani saja. Salah satunya dirasakan oleh para warga yang menyediakan jasa penggilingan padi. Hampir bisa dipastikan, tempat giling padi akan selalu ramai jika waktu panen datang. Beberapa tahun lalu,  para petani harus membawa karung-karung berisi gabah kering menuju tempat penggilingan padi. Tidak jarang pula, ada yang susah payah mengangkut satu demi satu karung gabah kering menggunakan sepeda tua menuju tempat penggilingan padi. Selasa, (26/01/2021).

Sekarang ini para petani padi tak perlu kerepotan untuk menggilingkan gabah keringnya ke tempat penggilingan padi. Hal ini dikarenakan adanya “Giling Padi Keliling”, yaitu sebuah mobil yang dimodifikasi dengan mesin penggiling padi. Sehingga bisa berjalan layaknya sebuah mobil, tetapi dengan mesin penggerak diesel dengan suara agak keras.

Saat melakukan Penggilingan Padi, Dengan menggunakan mesin penggiling padi keliling ini, dapat melayani para petani sampai ke pelosok-pelosok di Nagari Seulayat Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Hal ini akan sangat membantu para petani saat akan menggiling padi. Mereka tidak perlu lagi membawa karung gabah mereka ke penggilingan, cukup didepan rumah mereka maka penggiling padi akan datang.


Giling padi keliling biasanya berkeliling mulai sekitar jam 08.00 -an hingga sore hari. Nah, prosesnya pun tidaklah rumit. Pertama gabah diambil ditempat rumah pemilik gabah yang akan digiling, kemudian padi diproses untuk digiling. Sedangkan untuk penghitungan ongkos yaitu dengan menjumlahkan jumlah karung tempat gabah, besar dan kecilnya karung gabahnya.

Huller atau penggiling padi merupakan salah satu peluang usaha untuk warga yang melayani kebutuhan warga petani di tingkat desa dengan menjual jasa penggilingan padi sehingga menjadi beras untuk siap di masak.

Di Nagari Seulayat Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat  sebagian warga menekuni usaha tersebut untuk memperoleh penghasilan dan salah satu usaha yang menciptakan lapangan pekerjaan, walaupun tidak banyak, untuk melayani kebutuhan warga untuk persediaan makan dari hasil pertanian.

About Website Kodim Pariaman 0308

Official Website Kodim 0308 Pariaman.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
admin

Top