ads

Slider[Style1]

Berita Utama Kodim 0308 Pariaman

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

LINK




KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
TNI-AL DEPHAN




TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA


PAUH KAMBAR  – Daerah Kabupaten Padang Pariaman dan sekitarnya banyak kita jumpai tanaman jambu biji dan jambu kristal, ada ribuan pohon yang dapat menghasilkan jutaan ton dalam setahun, harga jambu biji dipasaran paling mahal 8.000/kg saat panen raya bisa 500/kg, untuk jambu kristal secara harga jauh lebih baik 9.000-10.000/kg dipasar.

Uniang Sibas (54 tahun) petani asal Korong Subarang Padang Nagari Padang Kandang Pulau Air mengungkapkan harga jambu kristal di petani saat ini 7.000/kg untuk jambu biji 5.000/kg Uniang Sibas. nanti bulan maret- Oktober jambu disini akan panen raya, biasanya harga hanya tinggal 6.000/kg bahkan untuk jambu biji tidak banyak.

"perawatan, pemupukan terus kita lakukan agar buah tetap bisa maksimal, kendala saat panen raya tentu harga murah jadi petani rugi, ini yang perlu kita fikirkan bersama Uniang Sibas” paparnya kepada Babinsa. 


Jambu biji merah akan tumbuh baik di 0 – 1.000 dpt, perawatan relatif mudah, adapun jambu biji merah kaya akan manfaat diantaranya sebagai meningkatkan daya tahan tubuh karena kaya vitamin c, mencegah sembelit, menyembuhkan penderita diabetes, meredakan batuk dan flu, menambah pembentukan sel darah merah dll, dengan segudang manfaat itu, jambu biji merah dan jambu kristal layak dikembangkan.

Dalam kesempatan kunjungan ke korong Subarang Padang Babinsa Nagari Padang Kandang Pulau Air, menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada para petani yang ada  di sekitarnya ini atas Dedikasi dan perjuangan nya dalam menyediakan buah jambu biji dan jambu kristal.

“Sehingga masyarakat bisa menikmati buah lokal yang sehat, selama ini kami memperhatikan buah-buahan masih banyak yang impor, kedepannya kita harapkan kebutuhan buah-buahan cukup di suplai dari daerah,” paparnya.

Lebih lanjut Uniang Sibas menuturkan manajement produksi dan stok perlu kita perbaiki,kita bisa mencontoh Kab. Padang Pariaman lahan buah jambu merah diberi pupuk hingga berproduksi setiap saat, harapannya ketersediaan buah secara kontinyu bisa diwujudkan. 


Bumdes/Bumdus (Badan Usaha Milik Desa/Badan Usaha milik Dusun/Nagari) karena kita ada program alokasi tambahan anggaran ,100 – 300jt/dusun/ tahun dan koperasi berbasis segmen terus kita dorong dan support agar bisa memaksimalkan peran demi kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya BUMDES dan koperasi berbasis segmen tadi tentu jalur distribusi, pemasaran dan promosi bisa dioptimalkan, pembuatan aneka makanan olahan berbahan baku jambu juga bisa kita lakukan diantaranya dibuat jus dalam kemasan, manisan jambu, dodol jambu dll.

Kita juga mendorong setiap koperasi sekolah agar menyediakan buah-buahan lokal sebagai pengganti snak dan gorengan yang selama ini menjadi jajanan favorit di kantin sekolah, jadi anak anak kita menjadi lebih sehat dan cerdas karena makan, makanan yang menyehatkan, pada gilirannya petani juga menerima harga yang layak karena permintaan pasar yang semakin banyak.

About Website Kodim Pariaman 0308

Official Website Kodim 0308 Pariaman.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
admin

Top