ads

Slider[Style1]

Berita Utama Kodim 0308 Pariaman

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

LINK




KODAM I/BB TNI TNI-AD TNI-AU
TNI-AL DEPHAN




TOBA GO GREEN
KOREM 022 PANTAI TIMUR
KOREM 023

KOREM 033

KOREM 032 WIRA BRAJA
KOREM 031 WIRA BIMA


KAMPUNG DALAM
- Babinsa Koramil 06/Kp. Dalam a.n Serka Sony Soeharyadi memberikan petunjuk tentang cara penanaman Kunyit kepada Ibuk Indah (28 thn) warga masyarakat  di wilayah binaan di Korong Kampung Tanjung Nagari Kudu Ganting Kecamatan V Koto Timur, Jumat (14/01/2022)

Babinsa Serka Soni Soeharyadi memberikan solusi dan motivasi kpd buk indah Karena buk Indah merupakan warga yg belum mendapatkan pekerjaan dan utk memenuhi kebutuhan  perekonomiannya Babinsa mengajarkan cara bercocok tanam kunyit yg apabila dikelola dgn baik bisa menguntungkan bagi perekonomian ibuk indah.

Dikarenakan Ibuk indah tidak mempunyai lahan yg luas maka utk mencapai hasil yg bagus Serka Soni Suharyadi mengajarkan dgn cara menggunakan media polibet Krn bisa menanam kunyit dgn jumlah rumpun yg lebih banyak dgn areal lahan yg terbatas.


Babinsa Serka Sony Soeharyadi menjelaskan kepada Ibuk Indah cara penanaman kunyit, "pertama - tama tentang memplementasikan tanah pupuk kandang selama satu minggu lebih kurang di dalam polibet yang isi 10 kg agar kunyitnya bebas berkembang.

Disamping itu bibit Kunyit sebelumnya di semaikan terlebih dahulu selama satu minggu sampai tunas mencapai 3 cm, baru bibit Kunyit tersebut dipindahkan ke polibet yang sudah di plementasikan tadi.

Penanaman di lakukan pada pagi hari sebelum jam 10 agar kelembapan tanah dalam polibet masih ada, setelah bibit kunyit ditanam dlm polibet , polibet tersebut diletakkan dalam kondisi lahan 70% s/d 80% terkena sinar matahari dan disiram setiap sore.

Tanaman kunyit juga diberikan pupuk EM4 agar berguna untuk pengemburan tanah, dan diberkan 1X seminggu dengan ukuran 5 tutup botol EM4 untuk 15 liter utk 300 polibet guna merangsang perkembangan isi juga daun agar cepat perkembangannya.
Sedangkan Trycoderma Organik diberikan untuk mencegah serangan jamur pada daun dan isinya agar tetap sehat.


Kondisi lahan pekarangan buk Indah  tersebut sangat cocok utk tanaman kunyit krn ada pepohonan yang melindungi tanaman kunyit dari sinar matahari yang terik/panas.

Dalam meningkatkan perkembangan tanaman kunyit pemupukan dilakukan secara terjadwal dan terencana setiap bulannya dgn menggunakan pupuk kimia yaitu Pupuk NPK, poskha, KCL dan TSP juga peracunan dilakukan melihat situasi dan kondisi tanaman agar tanaman kunyit tidak terserang hama tanaman terawat dgn baik.

Babinsa Serka Sony Soeharyadi berharap, "Dengan perawatan tanaman kunyit oleh Ibuk Indah tersebut bisa lebih terjaga dgn baik agar hasil panen kunyit lebih banyak dan memuaskan utk peningkatan kesejahteraan  perekonomian Ibuk Indah dan keluarga".

Buk Indah sangat berterima kasih sekali kpd Babinsa Krn sudah mengajarkan cara berusaha bercocok tanam kunyit dan diharapkan bapak Babinsa selalu mendampingi kami dlm  pengelolaan tanaman ini serta selalu memberikan petunjuk agar hasil kunyit ini bisa mencapai hasil sesuai yg diharapkan",ujar Buk indah.
(BBS RAMIL 06/Kp. Dlm /SS).

 


About Website Kodim Pariaman 0308

Official Website Kodim 0308 Pariaman.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama
admin

Top